Peran & Hak Akses

Video Tutorial Peran & Hak Akses


Panduan Tertulis Peran & Hak Akses

Peran adalah divisi atau bidang, yaitu kelompok-kelompok di dalam perusahaan travel Anda yang menangani satu bidang tertentu dan memiliki fungsi dan wewenang masing-masing. Contoh peran yang ada di dalam travel pada umumnya seperti direktur, administrator, customer service, agen, marketing, sales, keuangan, tim pergudangan, HRD, dan lain-lain.

Di dalam sistem, peran dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu : 
1. Peran operator/staff internal perusahaan Anda. Misal direktur, administrator, customer service, marketing, sales, keuangan, tim pergudangan, HRD, dll.
2. Peran keagenan. Misal Agen, mitra, perwakilan, cabang, dll (sesuai dengan penamaan agen di travel Anda), yang bertugas menjual produk travel Anda, namun merupakan orang eksternal perusahaan Anda, bukan termasuk orang internal yang diberi gaji oleh Anda.
3. Peran sales, yang tugasnya sama seperti agen, menjual produk Anda, namun sales termasuk ke dalam staff internal Anda.

Selain menambahkan peran dalam travel Anda, Anda juga dapat membatasi setiap peran dalam mengakses sistem. Misal, untuk tim pergudangan karena bertugas meng-handle masalah barang, maka tim tersebut hanya perlu diberi izin untuk mengakses sistem inventori/sistem manajemen persediaan barang, dan tidak diberi izin untuk mengakses sistem akuntansi dan keuangan perusahaan.

 

Anda dapat menambahkan peran dan mengatur hak akses pada travel Anda di sistem administrasi

Pilih Menu : Pengaturan Web > Peran & Hak Akses

peran dan hak akses.png

Langkah menuju pengaturan peran dan hak akses

 

Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Peran & Hak Akses3.png

Contoh pengaturan web peran & hak akses

 

1. Menambahkan Data Peran & Hak Akses

Untuk menambahkan data peran & hak akses, klik pada tombol "Tambah Data", dan kemudian isikan data sesuai dengan form yang tersedia

uki-pengaturanweb-peran&hakakses-tambahdata.JPG

Contoh form tambah data peran & hak akses

 

2. Mengatur Hak Akses

Untuk mengatur hak akses peran operator dan sales, klik pada tombol "Pengaturan Hak Akses" gembok.png, lalu atur hak akses yang diaktifkan/nonaktifkan pada pilihan yang tersedia.

uki-pengaturanweb-peran&hakakses-pengaturanhakakses.JPG

Contoh pengaturan hak akses administrator

 

3. Mengubah Data Peran & Hak Akses
Untuk mengubah peran & hak akses, klik pada tombol "Ubah Data" btn-edit-icon.png, lalu isi nama perubahan data pada form yang tersedia


4. Menghapus Data Peran & Hak Akses

Untuk menghapus data peran & hak akses, klik pada tombol "Hapus Data" btn-delete-icon.png, lalu konfirmasi apabila data benar-benar akan dihapus. Data peran & hak akses tidak dapat dihapus apabila data telah digunakan untuk transaksi dan pengaturan lainnya.

5. Mengatur Akses Data Transaksi Bagi Peran Keagenan dan Sales

Untuk mengatur data transaksi apa saja yang dapat diakses oleh peran agen maupun sales, klik "Akses Data Transaksikeranjang.png

 

Untuk melihat panduan secara lengkap mengenai penambahan ketiga jenis peran dan mengatur hak akses pada masing-masing peran yang ada pada travel Anda, dapat Anda klik disini :

1. Mengelola Peran & Hak Akses Operator

2. Mengelola Peran & Hak Akses Keagenan

3. Mengelola Peran & Hak Akses Sales

 

Setelah Anda sudah menambahkan peran dan hak akses, Anda dapat menambahkan user/staff pada masing-masing peran. Adapun panduan mengenai penambahan user pada peran dapat Anda klik disini :

1. Menambah Data User Operator

2. Menambah Data User Keagenan

3. Menambah Data User Sales

Materi Data Master & Pengaturan Administrasi Lainnya
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami