Mekanisme Pemesanan Transaksi Paket

Video Tutorial Mekanisme Pemesanan Transaksi Paket


Panduan Tertulis Mekanisme Pemesanan Transaksi Paket

Cara Mengubah Penawaran Penjualan (Quotation) Transaksi Paket

Quotation adalah surat penawaran yang diberikan kepada calon pembeli setelah adanya permintaan penawaran. Apabila modul quotation diaktifkan, maka pada halaman check out/saat calon jamaah memesan paket umrah travel Anda, akan tampil tombol baru yaitu tombol "Proses Sebagai Quotation". Fungsi tombol ini adalah memperlakukan transaksi sebagai penawaran (quotation), sehingga menonaktifkan pemberitahuan melalui email maupun SMS ke calon pembeli.

Fungsi lain quotation ialah bila terdapat jamaah yang sudah memiliki niat ingin berangkat di suatu tanggal pemberangkatan umrah, namun tidak dapat memastikan apakah dapat melunasi DP/uang muka sebelum jatuh tempo yang telah ditentukan oleh travel Anda, sehingga status transaksi jamaah tersebut adalah penawaran/quotation, ketika jamaah tersebut sudah sanggup untuk membayar DP/uang muka, barulah Anda dapat merubah status "Quotation" pada transaksi jamaah tersebut menjadi transaksi menunggu pembayaran dengan cara menerbitkan invoice transaksi kepada jamaah tersebut.

Untuk mengelola quotation pada transaksi paket umrah, silakan masuk pada "Manajemen Administrasi".

 

A. Mengatur Mekanisme Pemesanan Paket

1. Pada Kelompok Menu "Manajemen Administrasi" >  Pilih "Manajemen Paket" > Pilih "Paket Umrah" 

Screenshot_117.png

 

2. Pilih "Pengaturan Transaksi" 

Screenshot_118.png

 

3. Pada Halaman Pengaturan Master Transaksi Paket Umrah > Klik Tombol "Ubah Data" Pada No.18 "Pemesanan & Quotation Transaksi Paket Umrah"

Screenshot_120.png

 

Maka akan tampil sebagai berikut :

Screenshot_121.png

Pada tab "pengaturan", Anda dapat mengatur Jenis Pemesan dan bagaimana proses pemesanan yang akan dilakukan oleh pemesan melalui sistem. Proses pemesanan disesuaikan dengan alur kerja yang ada pada travel Anda. Terdapat 4 jenis pemesanan yang dapat diatur di sistem, yaitu :

  1. Pemesanan Melalui Website & Aplikasi
    Pemesanan yang dilakukan oleh pemesan akan langsung tersimpan di database sistem, baik melalui website atau aplikasi mobile, dan diproses secara normal sebagaimana transaksi online pada umumnya
  2. Pemesanan Melalui WhatsApp
    Pemesanan yang dilakukan oleh pemesan tidak langsung tersimpan di database sistem, tapi pemesan akan diarahkan untuk menghubungi customer service melalui WhatsApp. Transaksi di sistem dilakukan oleh customer service setelah ada kesepakatan dengan pemesan
  3. Pemesanan Dapat Berupa Quotation
    Quotation adalah surat penawaran yang diberikan kepada calon pembeli setelah adanya permintaan penawaran. Jenis pemesanan ini memberikan pilihan bagi pemesan untuk memproses pemesanan secara normal (dengan invoicing) atau melalui quotation terlebih dahulu (tanpa invoicing)
  4. Pemesanan Hanya Melalui Quotation
    Jenis pemesanan ini mengharuskan proses pemesanan melalui quotation terlebih dahulu (tanpa invoicing) sebelum diproses lebih lanjut. Data pesanan tersimpan di sistem sebagai quotation, dan dapat disesuaikan lagi dengan permintaan dari pemesan sebelum dilanjutkan ke proses invoicing

 

Adapun untuk informasi detailnya terkait dengan mekanisme pemesanan transaksi paket, dapat dilihat pada tab "Informasi"

Screenshot_100.png

 

4. Bila Anda Sudah Selesai Mengatur "Mekanisme Pemesanan" > Klik "Simpan Pengaturan Pemesanan & Qutation"

Screenshot_141.png

 

B. Cara Mentransaksikan Paket Quotation 

1. Pemesanan Melalui Website & Aplikasi

Adapun cara untuk mentransaksikan paket dengan menggunakan mekanisme "Pemesanan Melalui Website & Aplikasi", Anda dapat mempelajarinya pada link panduan berikut : 

https://wiki.erahajj.co.id/detail-materi/administrasi/manajemen-transaksi/1139/cara-mentransaksikan-paket


2. Pemesanan Melalui WhatsApp

Adapun cara untuk mentransaksikan paket dengan menggunakan mekanisme "Pemesanan Melalui WhatsApp, Silakan mengikuti link panduan berikut pada panduan A nomor 1-4 : 

https://wiki.erahajj.co.id/detail-materi/administrasi/manajemen-transaksi/1139/cara-mentransaksikan-paket

 

Apabila Sudah Mengikuti Panduan A Nomor 1-4 > Anda Akan Diarahkan Pada Nomor WhatsApp yang Terdaftar Pada Live Chat.

Adapun untuk mengatur pengaturan "Live Chat" Anda dapat mengikuti link panduan berikut :  

https://wiki.erahajj.co.id/detail-materi/administrasi/data-master-pengaturan-administrasi/949/cara-mengatur-live-chat

Screenshot_102.png

Anda dapat menghubungi nomor yang tertera pada live chat tersebut dengan klik "Continue to Chat" untuk menanyakan informasi terkait dengan paket yang ingin Anda pilih, maka tampilannya akan seperti berikut : 

Screenshot_103.png

 

3. Pemesanan Dapat Berupa Quotation

Adapun cara untuk mentransaksikan paket dengan menggunakan mekanisme "Pemesanan Dapat Berupa Quotation", Anda dapat mempelajarinya pada link panduan berikut : 

https://wiki.erahajj.co.id/detail-materi/administrasi/manajemen-transaksi/1167/cara-membuat-quotation-paket

 

4. Pemesanan Hanya Melalui Quotation

Adapun cara untuk mentransaksikan paket dengan menggunakan mekanisme "Pemesanan Hanya Melalui  Quotation", Silakan mengikuti link panduan berikut pada panduan A nomor 1-4 :

Apabila Anda Sudah Mengikuti Panduan A Nomor 1-4 > Klik "Simpan Sebagai Quotation" > Klik “Ok” 

Screenshot_138.png

Maka Anda akan diarahkan pada halaman "Detail Transaksi Paket Umrah", tampilan status transaksi pemesanan paket Quotation pada halaman "Detail Transaksi Paket Umrah" adalah sebagai berikut : 

Screenshot_140.png

 

Materi Pengaturan Transaksi Paket Umrah Lainnya
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami