Menambahkan Data Master Barang Produksi

Video Tutorial Menambahkan Data Master Barang Produksi


Panduan Tertulis Menambahkan Data Master Barang Produksi

Barang produksi adalah barang-barang yang harus diolah oleh travel Anda. Misalkan, travel Anda membeli kain. Kain tersebut Anda olah kembali untuk dijadikan baju seragam jama'ah umrah. Contoh lagi, Anda akan membuat suatu paket oleh-oleh umrah yang terdiri dari beberapa barang seperti kurma, air zam-zam, dan lain sebagainya, ini juga termasuk barang produksi. 

Anda dapat mencatat barang produksi di sistem manajemen persediaan (Inventory)
Pilih Menu Data Master > Barang > Tambah Data

Screenshot from 2022-07-18 16-32-29.png

Screenshot from 2022-07-18 16-55-20.png

Langkah menuju penambahan barang produksi

 

Maka akan muncul form tambah data barang sebagai berikut :

 

barang produksi.png

Form penambahan barang produksi

 

  • Nama. Isikan nama barang produksi
  • Kategori. Pilih kategori barang yang akan dimasukan ke dalam data master barang. Pilihan kategori akan otomatis tersedia sesuai dengan data master kategori barang yang telah Anda tambahkan sebelumnya.
  • Satuan. Pilih satuan barang tersebut. Pilihan satuan barang otomatis tersedia sesuai dengan satuan barang yang telah Anda tambahkan sebelumnya.
  • Foto. Jika Anda memiliki foto barang produksi ini, unggah foto barang tersebut dengan klik "Choose File".
  • Barang Produksi. Pilih "Ya". Untuk info lebih lanjut anda dapat klik ikon informasi " info bahan produksi.png ". 
  • Jenis Barang. Pilih "Barang Dalam Proses / Barang Setengah Jadi" bila barang produksi ini sebagai bahan baku yang akan diolah kemudian untuk menghasilkan produk dan jasa lainnya. Pilih "Barang Jadi" bila barang produksi ini adalah barang yang sudah siap / langsung dapat digunakan untuk di produksi.
  • Metode Perhitungan. Pilih mode perhitungan untuk mengatur laju stok barang yang akan dimasukan. Pilih "Average" bila barang ini dikeluarkan / dipakai / diberikan kepada jama'ah oleh Anda tanpa mementingkan urutan mana barang yang lebih lama dibeli atau paling baru dibeli. Pilih "FIFO" bila barang yang lebih awal dibeli oleh travel Anda adalah barang yang harus dikeluarkan lebih dulu (Misal : makanan, minuman, yang memiliki tanggal kadaluarsa). Pilih "LIFO" bila barang yang paling akhir dibeli oleh travel Anda adalah barang yang harus dikeluarkan lebih dulu (Misal : buku manasik yang ditumpuk tidur, akan sulit dan berantakan bila diambil yang paling bawah).
  • Kurs Harga Pasar. Pilih kurs yang digunakan saat membeli barang ini.
  • Monitor Stock Minimal. Pilihlah apakah barang yang akan dimasukan perlu di monitor untuk stok minimalnya, jika "YA" maka pilihlah gudang mana yang akan di monitor, lalu isilah stok minimal untuk setiap gudang yang Anda pilih. Maka ketika barang di suatu gudang sudah tersisa di angka stok minimal, maka sistem akan memberi pemberitahuan kepada operator  travel Anda. Daftar gudang muncul secara otomatis apabila sudah Anda tambahkan data Gudang tersebut.
  • Deskripsi. Isilah deskripsi jika anda memiliki keterangan tambahan untuk barang produksi yang Anda tambahkan ini.

Jika semua sudah terisi dengan benar, klik tombol "Simpan" maka data barang akan tersimpan ke dalam master data barang.

Twit Terbaru
Facebook Erahajj
messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami