Jurnal Penyesuaian Transaksi "Utang Titipan Transaksi"

Video Tutorial Jurnal Penyesuaian Transaksi "Utang Titipan Transaksi"


Panduan Tertulis Jurnal Penyesuaian Transaksi "Utang Titipan Transaksi"

Bila pada pengaturan pengakuan pendapatan Anda memilih secara manual melalui jurnal penyesuaian, maka Anda perlu mengelola transaksi tersebut pada jurnal penyesuaian.

Maksud dari mengelola jurnal penyesuaian transaksi utang titipan adalah mengakui/mencatat pembayaran transaksi yang Anda terima dari jamaah/pelanggan sebagai pendapatan, sehingga pembayaran tersebut masuk ke dalam laporan laba/rugi perusahaan. Anda dapat memprosesnya di jurnal penyesuaian setelah jamaah pada transaksi tersebut sudah kembali ke tanah air. Atau transaksi selain umrah, yang mana Anda sudah tidak memiliki utang atau tanggung jawab berupa jasa atau produk kepada pelanggan.

Sebagai contoh, untuk bisnis yang produknya berupa jasa seperti travel haji dan umrah, maka untuk pengakuan pendapatannya sebaiknya secara manual melalui jurnal penyesuaian, karena saat jamaah melunasi pembayaran untuk umrah/haji, masih terdapat resiko jamaah tersebut tidak jadi berangkat. Maka dari itu, pembayarannya jamaah umrah/haji diakui sebagai pendapatan sebaiknya bila jamaah tersebut sudah benar-benar pulang ke tanah air. Bayangkan bila Anda mengakui pembayaran jamaah tersebut di awal, lalu memperbesar pajak Anda, dan Anda sudah membayar pajak tersebut, ternyata karena suatu hal yang tidak terduga, jamaah tersebut membatalkan untuk berangkat dan meminta kembali sebagian uang yang telah disetorkan kepada travel Anda. Tentu akan merugikan travel Anda.

Anda dapat mengelola jurnal penyesuaian transaksi utang titipan pada sistem akuntansi dan keuangan.

Pilih Menu Dashboard > Klik Sistem Akuntansi dan Keuangan

 

Sistem akuntansi dan keuangan.png

Langkah menuju sistem akuntansi dan keuangan

 

Pilih Menu Pencatatan Jurnal & Biaya > Klik Jurnal Penyesuaian > > Pilih Salah Satu Paket yang ingin Anda Kelola (Misal Produk Lain)

jurnal penyesuaian produk lain.png

                                                                                                                         

Langkah-langkah mengelola jurnal penyesuaian

 

Maka akan muncul transaksi yang belum diproses jurnal penyesuaian :

jurnal penyesuaian.png

 

  • Panah No.1 adalah tabel berisi transaksi-transaksi yang belum diakui sebagai pendapatan
  • Panah No.2 adalah kotak untuk mencentang semua transaksi di dalam tabel untuk diproses jurnal penyesuaian
  • Panah No.3 adalah ikon search yang berfungsi untuk memilih transaksi mana yang ingin Anda tampilkan pada tabel
  • Panah No. 4 adalah kotak untuk mencentang secara satu persatu transaksi yang ingin Anda proses jurnal penyesuaian
  • Tombol "Proses Jurnal Penyesuaian Dari Data Terpilih" berfungsi untuk memproses transaksi-transaksi yang sudah dicentang/dipilih agar pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan pada transaksi tersebut diakui sebagai pendapatan

 

1. Mengakui Pendapatan Transaksi

Centang transaksi yang ingin Anda akui sebagai pendapatan pada sebelah kiri tabel, lalu klik tombol  "Proses Jurnal Penyesuaian Dari Data Terpilih"

transaksi produk.png

Transaksi yang akan di proses melalui jurnal penyesuaian

 

Maka transaksi yang sudah diproses melalui jurnal penyesuaian tersebut akan masuk ke dalam laporan laba rugi perusahaan,  pada bagian pendapatan usaha. Sebagaimana berikut :

laba rugi perusahaan.png

panah_ke_bawah-removebg-preview.png

pendapatan transaksi produk lain.png

panah_ke_bawah-removebg-preview.png

pengakuan pendapatan pada laba rugi.png

Pembayaran transaksi yang telah diproses melalui jurnal penyesuaian akan masuk pada laporan laba rugi perusahaan

*Agar laporan laba-rugi perusahaan Anda sesuai dengan kondisi travel Anda, akui pembayaran transaksi oleh pelanggan sebagai pendapatan melalui proses jurnal penyesuaian seperti langkah-langkah di atas.

 

2. Membatalkan Pendapatan yang telah diproses melalui jurnal penyesuaian

Bila Anda ingin membatalkan pendapatan yang telah diproses melalui jurnal penyesuaian, maka Anda dapat klik search ikonsearch.png pada bagian atas kanan tabel, 

sudah disesuaikan.png

Pemfilteran Jurnal Penyesuaian

 

  • Pada filter status penyesuaian, pilih "Sudah Disesuaikan"
  • Lalu klik "Tampilkan Data"
  • Lalu centang transaksi yang ingin Anda batalkan proses jurnal penyesuaiannya agar tidak jadi diakui sebagai pendapatan. Lalu klik "Batalkan Jurnal Penyesuaian Dari Data Terpilih"

 

membatlkan jurnal penyesuaian.png

Pembatalan jurnal penyesuaian

 

3. Memfilter Transaksi 

Transaksi-transaksi yang belum diakui melalui jurnal penyesuaian yang ada pada tabel dapat Anda filter atau saring atau memilih transaksi mana yang ingin Anda tampilkan berdasarkan kriteria tertentu, sebagai contoh Anda ingin melihat data transaksi yang metode pembayarannya secara transfer, maka Anda dapat memfilternya, dlan lain sebagainya.

Klik ikon ikonsearch.png  untuk memulai pemfilteran transaksi

filter transaksi yang belum disesuaikan pendapatannya.png
filter transaksi yang belum disesuaikan pendapatannya 2.png

Pemfilteran transaksi pada jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka

 

  • Anda dapat menyaring transaksi yang akan ditampilkan berdasarkan beberapa kriteria pencarian, diantaranya adalah berdasarkan : nama pemesan, waktu pembayaran, metode pembayaran, tujuan pembayaran, kurs pembayaran, status penyesuaian, tahun & bulan berangkat, tanggal berangkat, kelompok pemberangkatan, dan paket umrah.

  • Pilih "Reset Pencarian Data" apabila Anda ingin mengembalikan semua kriteria filter pencarian yang sebelumnya ada gunakan untuk kembali  ke default atau sesuai dengan pengaturan yang di-setting oleh sistem pada saat Anda pertama kali memakai filter.
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami