Mengelola Peran & Hak Akses Keagenan

Peran adalah divisi atau bidang, yaitu kelompok-kelompok di dalam perusahaan travel Anda yang menangani satu bidang tertentu dan memiliki fungsi dan kewenangan masing-masing. Pada bagian pengaturan ini, Anda dapat menambah peran keagenan beserta hak aksesnya dalam menggunakan sistem di travel Anda. Sebutan keagenan masing-masing travel berbeda-beda, contohnya seperti agen, mitra, cabang, dan lain-lain. Agen adalah orang eksternal perusahaan, berkerja sama dengan travel, membantu menjual produk travel Anda. 

 

1. Menambah Peran Keagenan

Untuk menambah peran keagenan : Pilih Menu Pengaturan Web > Pilih Peran & Hak Akses > Lalu Klik Tambah Data.

Tambah Data User.png

Tampilan Pengaturan Peran & Hak Akses

 

Lalu Anda akan melihat tampilan seperti ini :

keagenan.png

Form penambahan peran keagenan

Isi Data Peran Keagenan sebagai berikut :

  • Nama : Isikan nama sebutan agen pada travel Anda
  • Kode : Masukkan kode peran menggunakan 3 huruf kapital sesuai dengan keinginan Anda. ( Contoh : Untuk peran Cabang menggunakan kode CAB atau CBG atau kode lainnya sesuai keinginan travel Anda.)
  • Grup : Pilih grup "Keagenan" yang telah disediakan oleh sistem
  • Tingkat : Masukkan angka. Semakin kecil angka, semakin tinggi posisinya. (Semakin tinggi angkanya, semakin banyak hak akses yang dimiliki oleh peran agen tersebut)
  • Biaya Registrasi : jika travel Anda memberi persyaratan biaya registrasi kepada orang yang berkeinginan menjadi agen Anda, isikan jumlah nominal biaya registrasi sesuai kebutuhan Anda. Bila tidak ada 
  • Registrasi Publik : jika travel Anda ingin menampilkan form registrasi pada web Anda, sehingga orang yang berkeinginan menjadi agen travel Anda dapat mendaftarkan dirinya sendiri, maka pilih "Aktif". Jika orang tersebut dapat mendaftar menjadi agen travel Anda dengan cara harus datang langsung ke kantor pusat travel Anda, maka pilih "Non-Aktif"
  • Daftar Anggota : Pilih "Ditampilkan" apabila daftar agen Anda dapat dilihat publik. Pilih "Tidak Ditampilkan" jika daftar agen travel Anda dirahasiakan atau tidak dapat dilihat publik.
  • Detail Anggota : Pilih "ditampilkan" apabila detail data mengenai agen travel Anda, seperti nomor telepon, alamat kantor agen, dll, maka dapat dilihat publik. Pilih "Tidak Ditampilkan" jika detail data agen travel Anda dirahasiakan atau tidak dapat dilihat publik.
  • Password Login :

>Pilih jenis password ‘Kompleks, Kombinasi Huruf Besar, Kecil, Angka, Simbol’ disarankan untuk grup operator dan sales.

>Pilih jenis password ‘Karakter Bebas, Minimal 8 Karakter’ direkomendasikan untuk grup Agen dan Jamaah.

  • Template MoU : klik "Choose File" untuk mengunggah template MoU(surat perjanjian antara kedua belah pihak, travel Anda dengan calon agen)

 

Jika data peran keagenan yang Anda tambahkan sudah benar, Klik "Simpan".

 

agen2.png

Tampilan registrasi keagenan pada halaman web apabila registrasi publik diaktifkan

 

*Untuk langkah-langkah penambahan menu Keagenan pada website Anda, dapat Anda lihat pada video tutorial berikut ini : Mengelola Tampilan Halaman Utama : Mengelola Menu

 

2. Mengatur Hak Akses Keagenan

Setelah Peran Keagenan baru sudah ditambahkan, Anda dapat mengatur hak apa saja yang diberikan kepada peran keagenan tersebut dalam mengakses berbagai macam modul yang terdapat pada sistem.

Berikut langkah-langkahnya :
 Pilih Menu Pengaturan Web > Klik Peran & Hak Akses > Klik Icon "Akses Data Transaksi" keranjang.png pada kolom Opsi

 

agen.png

Pengaturan hak akses data transaksi keagenan

 

Lalu akan muncul tampilan sebagai berikut :

akses transaksi.png

Pengaturan hak akses per modul transaksi bagi seluruh peran Agen

 

  • Pembelian / Transaksi, pilih "Diperbolehkan" bila peran agen yang Anda kelola diperbolehkan melayani transaksi terkait. Pilih "Tidak Diperbolehkan" bila peran agen yang Anda kelola tidak diperbolehkan melayani transaksi terkait
  • Akses Data Transaksi : pilih "Terbatas Data Transaksi Pribadi" bila agen yang sedang Anda kelola ini hanya dapat melihat transaksi-transaksi yang telah dilayani oleh agen tersebut. Pilih "Terbatas Data Transaksi Pribadi & Seluruh User Dibawahnya" bila agen tersebut tidak hanya melihat transaksi-transaksi yang ia sendiri layani, namun juga transaksi-transaksi yang telah dilayani oleh agen-agen dibawahnya

Jika pengaturan hak akses keagenan telah benar, klik "Simpan Pengaturan Akses Transaksi"

 

Untuk melihat panduan pengelolaan peran dan hak akses agen dalam bentuk video tutorial, dapat Anda akses pada laman berikut ini :
Mengelola Peran & Hak Akses Keagenan

Ditulis pada : 23 April 2021, 04:23:16, diperbarui pada : 01 Januari 2022, 09:02:36
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami